Iklan

Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kuantan Singingi Sosialisasikan Kalender Hijriyah Global Tunggal

Minggu, 27 Oktober 2024, Oktober 27, 2024 WIB Last Updated 2024-10-28T05:31:35Z
Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kuantan Singingi Sosialisasikan Kalender Hijriyah Global Tunggal

KUANTAN SINGINGI, INVIEW.ID  - Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kuantan Singingi mengadakan kegiatan seminar sehari tarjih dengan tema: "Transformasi Ijtihad Muhammadiyah; Dari Hisab (Wujud al-Hilal) Ke Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT)" pada Sabtu, 23 Rabiul Akhir 1446 H/26 Oktober 2024 M di Kampus Biru Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan, Kuantan Singingi.

Kegiatan seminar ini merupakan follow up dari Rapat Kerja Wilayah Majelis Tarjih dan Tajdid PWM Riau yang dilaksakanan di Perlis, Malaysia pada Maret 2024 lalu. Di samping itu, hal ini juga merupakan amanah Musyawarah Nasional Tarjih yang telah ditanfidzkan pada bulan Februari tahun 2024.

"Kegiatan ini penting dilaksanakan agar pimpinan dan warga Muhammadiyah Kuantan Singingi dapat memahami gambaran besar tentang Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT) sebagai hasil ijtihad Muhammadiyah paling mutakhir terkait metode penentuan awal bulan", Demikian disampaikan oleh Bobby Mulya, Ketua Majelis Tarjih PDM Kuantan Singingi.

Seminar Sehari Tarjih ini dibuka secara resmi oleh Dr. Afrizal Nur,. MA, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau-Koord. Tarjih dan Tajdid, serta mengundang 2 orang utusan dari tiap Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Kabupaten Kuantan Singingi dan utusan Ortom tingkat daerah.

Dalam sambutannya, Afrizal Nur mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kuantan Singingi, mengingat pentingnya ijtihad Muhammadiyah ini untuk disosialisasikan kepada pimpinan dan warga Muhammadiyah, "Dengan adanya kegiatan seminar ini, diharapkan dapat menambah dinamika dialog dan diskusi, terutama di lingkungan Muhammadiyah", pungkas Afrizal.

Adapun materi dari seminar ini terdiri dari tiga pembahasan;

Pertama, Teori Perubahan Hukum dalam Syariat Islam, dengan pemateri: Bobby Mulya,. Lc,. M.S.I (Ketua Majelis Tarjih PDM Kuantan Singingi).

Kedua, Praktek Hukum Islam yang Berkaitan Dengan Waktu dan Ragam Pendapat Fikih Seputar Penetapan Awal Bulan, dengan Pemateri: Mulkan M. Sarin, Lc,. MA (Wakil Ketua PDM Kuantan Singingi).

Ketiga, Transformasi Ijtihad Muhammadiyah; Dari Hisab (Wujud al-Hilal) Ke Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT), dengan pemateri: Dr. Afrizal Nur, MA Wakil Ketua PWM Riau. (*)

Reporter. Agusnaidi Budaya 

Ikuti Kami di Google News

Komentar

Tampilkan

  • Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Kuantan Singingi Sosialisasikan Kalender Hijriyah Global Tunggal
  • 0

Terkini


TERPOPULER

Iklan ok