Notification

×

Iklan ok

Mahasiswa Prodi Teknologi Informatika UMMAH isi Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Berbasis Kecerdasan

| Oktober 13, 2024 WIB
Mahasiswa Prodi Teknologi Informatika UMMAH isi Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Berbasis Kecerdasan

TAKENGON, INVIEW.ID - Mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi (TI) Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan game edukasi berbasis kecerdasan buatan (AI) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Takengon. (Sabtu 12 Oktober 2024)

Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan siswa konsep game Edukasi dan Teknologi AI, serta meningkatkan keterampilan praktis mereka dalam pengembangan game.

Kegiatan Pelatihan Tersebut dihadiri oleh 35 siswa dari jurusan Animasi dan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 5 Takengon. Dalam pelatihan tersebut mahasiswa Teknologi Informasi memberikan materi tentang dasar-dasar pembuatan game, Teknik animasi, dan penerapan kecerdasan buatan dalam game. Para peserta diajarkan cara menggunakan perangkat lunak GDevelope untuk merancang karakter dan lingkungan game yang menarik.

Nabil Mahasiswa Teknologi Informatika UMMAH Kepada Media mengungkapkan bahwa Game edukasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk belajar, karena bisa membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, kami juga ingin menunjukkan bagaimana teknologi dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran

Pelatihan ini berlangsung selama jam Mata Pelajaran Game dan terdiri dari sesi teori dan praktik. Setelah memahami konsep dasar, siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk mulai merancang game edukasi mereka sendiri. Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan berbagi ide, menciptakan suasana belajar yang produktif dan menyenangkan. Kegiatan ini juga di isi Oleh Dekan FIKTI UMMAH Zulaida Rahmi,S.Kom.,M.Sc dan Dosen Universitas Malikussaleh Nunsina, ST.,M.Kom. 

Dengan pelatihan ini, kami berharap siswa dapat lebih tertarik untuk mengeksplorasi dunia teknologi dan animasi, serta memanfaatkan keterampilan yang mereka pelajari untuk menciptakan solusi inovatif di masa depan,” tambah Nabil.

Riza Ummayya salah satu Peserta mengungkapkan bahwa Kami sangat senang bisa belajar tentang cara membuat game, Pelatihan ini membuat saya lebih paham tentang bagaimana game bisa digunakan untuk mengajarkan sesuatu dengan cara yang lebih menarik.

Ikuti Kami di Google News

×
Berita Terbaru Update