Notification

×

Iklan ok

Ketua ICMI Aceh Taqwaddin, Kukuhkan Pengurus ICMI Aceh Singkil

| Oktober 13, 2024 WIB
Ketua ICMI Aceh Taqwaddin, Kukuhkan Pengurus ICMI Aceh Singkil 


ACEH SINGKIL, INVIEW.ID - Majelis Pengurus Daerah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Aceh Singkil Resmi Hari Ini Dilantik, Acara berlangsung khidmad dalam suasana hujan hingga mulai menjelang banjir di Aceh Singkil, Minggu (13/10/2024)

Kegiatan ini dihadiri oleh Dewan Penasehat, Dewan Pakar dan Pengurus Orda ICMI, Sekda, Kapolres, Kajari, Ketua Mahkamah Syariah, Ketua MPU, dan para undangan lainnya. Sementara Penjabat Bupati Aceh Singkil tidak bisa hadir karena terjebak banjir saat dalam perjalanan menuju lokasi 

"Dengan ini saya serahkan Pataka ICMI untuk dikibarkan diseluruh pelosok Kabupaten Aceh Singkil", demikian tegas Taqwaddin kepada Aslym Combih saat melantik Majelis Pengurus Daerah (MPD) Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Kabupaten Aceh Singkil di Oproom Sekdakab, Sabtu 12 Oktober 2024.

Aslym Combih yang didampingi Sekretaris ICMI Singkil menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr Taqwaddin serta kepada seluruh rombongan yang sudah berkenan hadir ke Aceh Singkil dalam situasi menjelang banjir akibat kepungan air yang berasal dari beberapa kabupaten. 

"Kami mengacungi jempol kepada Ketua ICMI Aceh Taqwaddin yang telah hadir langsung secara tepat saat air mulai banjir sehingga masih bisa melewati daerah banjir di Sultan Daulat Kota Subulussalam dan Kabupaten Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil. 

Kerena Ini butuh keberanian dan perhitungan yang tepat untuk bisa kesini dalam rangka pelantikan Orda MPD ICMI Aceh Singkil, Kami siap melaksanakan amanah dan arahan MPW ICMI Aceh", ungkap Aslym Combih setelah acara pelantikan.

Penjabat Sekda Aceh Singkil, Edi Widodo, MKes yang mewakili Pj Bupati Aceh Singkil menyampaikan "sebetulnya Bapak Pj Bupati sendiri yang akan hadir pada acara ini, tetapi karena beliau masih terjebak banjir maka saya mewakili beliau menyatakan permintaan maaf atas ketidakhadirannya pada acara penting ini. 

Sekda Aceh Singkil juga menyampaikan pesan dari Pejabat Bupati Aceh Singkil ia menyampaikan selamat kepada Ketua ICMI Aceh Singkil Asylim Combih dan jajaran pengurus ICMI, selamat berkerja dan menjadi mitra pemerintah dalam upaya memajukan Kabupaten Aceh Singkil.

Ketua MPW ICMI Aceh, Dr Taqwaddin menyampaikan beberapa pokok pikiran terkait dengan pelantikan MPD ICMI Aceh Singkil. "Saya mengucapkan selamat bekerja kepada kanda Aslym Combih dan semua Pengurus yang baru saja saya lantik. 

Saya yakin bahwa ICMI Aceh Singkil akan berkiprah lagi di bawah pimpinan Bang Aslym yang memang merupakan salah seorang tokoh masyarakat Singkil, yang juga mantan pejabat yang dikenal luas pergaulannya, Ujarnya Taqwaddin dihadapan pengurus Baru ICMI Aceh Singkil 

Saya pesankan tiga hal utama yang harus dilakukan oleh Ketua ICMI Singkil, yang pertama adalah lakukan komunikasi dengan para pengurus, baik melalui media komunikasi atau pertemuan langsung secara sering-sering. 

Kedua, lakukan konsultasi kepada banyak pihak tentang hal-hal yang mesti kita lakukan yang sesungguhnya kita kurang paham. 

Ketiga, lakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menemukan pilihan solusi terhadap berbagai masalah yang melanda Singkil. 

Lanjutnya, Saya pribadi sangat memaklumi yang begitu banyak masalah yang melanda Singkil Kita sebagai makhluk Allah yang paling mulia yang dianugerahi dengan kemampuan berpikir melebihi makhluk Allah lainnya, mesti berpikir solutif untuk mengatasi berbagai masalah yang kita hadapi. 

Terkait masalah banjir yang sedang kita hadapi misalnya Kita tak boleh pasrah saja akan tetapi kita pikirkan solusi mengatasinya Jika kita yang di Singkil ini tak mampu mengatasinya maka kita harus minta bantu pada pihak Pemerintah Provinsi Aceh yang lebih luas kuasa dan kewenangannya. 

Melalui forum ini saya minta untuk MPD ICMI Singkil untuk serius memberikan kontribusi pemikirannya mengatasi masalah banjir ini dari perspektif hulu ke hilir. Jadi pendekatannya harus holistik. Ungkap Dr Taqwaddin, Hakim Tinggi Ad Hoc Tipikor yang juga Dosen Pascasarjana pada prodi Magister Ilmu Kebencanan Universitas Syiah Kuala.

Upaya optimal untuk solusi banjir ini perlu dilakukan karena Singkil sebagai daerah hilir dari tujuh kabupaten/kota yaitu Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Gayo Luwes, Subulussalam, Singkil, Pakpak, dan Dairi yang meliputi dua provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Jadi wajar jika masalah ini ditangani langsung oleh Presiden RI. 

Jika perlu melalui Pemerintah Pusat lakukan komunikasi internasional dengan negara donor untuk meminta dibantu menyelesaikan masalah ini. 

Jika kita mau, Insya Allah semua masalah bisa diselesaikan". Pungkas Taqwaddin, Ketua MPW ICMI Aceh yang segera meninggalkan Singkil menghindari kepungan banjir, Tutupnya(**).

Ikuti Kami di Google News

×
Berita Terbaru Update