×

Iklan ok

Ikatan Apoteker Indonesia Aceh Gelar World Pharmacy Day 2024 Dalam Rangka Merayakan Apoteker

| Oktober 20, 2024 WIB
Ikatan Apoteker Indonesia Aceh Gelar World Pharmacy Day 2024 Dalam Rangka Merayakan Apoteker

BANDA ACEH, INVIEW.ID - Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Daerah Aceh (PD IAI Aceh) telah melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka perayaan World Pharmacy Day 2024 (WPD 2024), Senin (21/10/2024)

Pada tahun ini, tema kegiatan yang dicanangkan untuk memperingati WPD 2024 adalah Pharmacists: Meeting The Global Health Needs di mana slogan ini berupaya untuk merayakan kontribusi apoteker terhadap kesehatan yang lebih baik di seluruh dunia. 

 Sesuai dengan arahan Pengurus Pusat IAI, PD Aceh menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam rangka perayaan WPD 2024 secara serentak di seluruh kota dan kabupaten di Aceh. 

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain adalah Apoteker Bertamu, di mana apoteker di berbagai kota dan kabupaten di Aceh melakukan survei penggunaan obat dan penyuluhan tentang penyakit tuberkulosis. 

Selain itu, PD Aceh juga menyelenggarakan lomba video dengan tema I am a pharmacist, and I am proud of it yang bertunjukkan untuk meningkatkan kebanggaan sejawat apoteker dalam melaksanakan tugas hariannya. Kegiatan lain yang dilakukan adalah lomba penulisan berita dan opini yang berkaitan dengan perayaan WPD 2024. 

Ketua PD IAI Aceh, apoteker Tedy Kurniawan Bakri menyampaikan bahwa puncak kegiatan perayaan WPD tahun 2024 di Aceh dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2024 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Aceh.

Dengan tema yang berfokus pada pencegahan dan pengobatan Tuberkulosis (TBC) maka diharapkan dengan hadirnya apoteker ditengah masyarakat diharapkan masyarakat makin teredukasi terutama terkait penggunaan, efek samping obat dan pencegahan resistensi obat.

Untuk Banda Aceh sendiri, pusat kegiatan perayaan dilaksanakan pada area Car Free Day di Jalan Tgk. Daud Beureueh. Pelaksanaan perayaan WPD 2024 oleh IAI PD Aceh juga melibatkan beberapa kampus seperti Universitas Syiah Kuala dan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan yang berada di Banda Aceh.  

Perayaan WPD 2024 ini dilakukan untuk mendekatkan profesi apoteker dengan masyarakat sehingga masyarakat dapat lebih merasakan layanan kesehatan yang dapat diperoleh dari seorang apoteker. 

Selain itu, dengan kegiatan survei penggunaan obat, PD IAI Aceh dapat memperoleh data dasar yang dapat digunakan untuk advokasi kebijakan perawatan pasien tuberkulosis dan melalui penyuluhan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang bagaimana menggunakan obat tuberkulosis dengan benar. 

Kegiatan WPD 2024 ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian yang rutin dilakukan oleh Ikatan Apoteker Indonesia di setiap tahunnya, di samping kegiatan pengabdian lain yang dilakukan baik oleh pengurus daerah maupun pengurus cabang di masing-masing kabupaten/kota. 

Ikatan Apoteker Indonesia selalu berupaya agar masyarakat bisa merasakan kehadiran apoteker dan kemanfaatan apoteker dalam layanan kesehatan.

Ikuti Kami di Google News

×
Berita Terbaru Update