Iklan

Iklan

5 Destinasi Wisata Air Terjun di Tapsel, Pemandangannya Bikin Sejuk Mata

Sabtu, 26 Oktober 2024, Oktober 26, 2024 WIB Last Updated 2024-10-27T07:18:17Z
Air Terjun Sitimbulan (Instagram/dispardatapsel)

TRAVELING, INVIEW.ID - Tapanuli Selatan memiliki banyak objek wisata alam yang menarik, mulai dari danau, bukit, hingga air terjun. Terdapat lima destinasi wisata air terjun yang wajib sekali kamu datangi ketika berkunjung ke kabupaten ini. 

Air terjun di Tapanuli Selatan merupakan pilihan objek wisata yang tepat bagi detikers yang ingin merasakan rekreasi dengan suasana alam menyegarkan. Pemandangan air terjun itu pun bikin sejuk mata.

Bukan hanya itu, lokasi berbagai objek wisata ini juga tidak terlalu jauh dari pemukiman dan memiliki akses yang mudah.

Untuk itu, bagi kamu yang sudah siap menjelajahi Tapanuli Selatan, berikut ini rekomendasi wisata air terjun yang harus kamu kunjungi.

1. Air Terjun Simatutung


Air Terjun Simatutung terletak di Batu Mundom, Kecamatan Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal. Lokasinya berjarak 91,8 km dari Kota Padangsidimpuan. Berdasarkan pantauan Google Maps, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua dan empat menuju lokasi ini dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam 30 menit.

Sesampainya di Desa Raniate, detikers harus bersepeda motor lagi selama 20 menit untuk benar-benar sampai di lokasi air terjun. Kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan Danau Siais dalam perjalanan menuju lokasi ini.

Air Terjun Simatutung memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Keunikannya dapat dilihat dari air terjun yang jatuh secara bertingkat. Selain itu, wisatawan juga disuguhkan dengan panorama hutan perawan yang masih asri.

Dikutip dari Jurnal IAIN Padangsidimpuan yang berjudul “Analisis Potensi Wisata Halal Air Terjun Simatutung Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur” karya Habib, Air Terjun Simatutung memiliki nama demikian dikarenakan dahulu airnya yang jatuh seperti asap atau kabut, dan lokasi air terjun ini pernah mengalami kebakaran hutan selama kurang lebih 3 bulan.

Bagi pengunjung yang merasa kelelahan tak perlu khawatir, karena pihak pengelola juga menyediakan fasilitas lain seperti mushola, warung makan, serta wahana pemandangan Danau Siai.

2. Air Terjun Aek Sijorni


Air Terjun Aek Sijorni atau Pemandian Aek Sijorni berada di Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Padangsidimpuan yaitu sekitar 32 km. Pengunjung dapat menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda empat selama 48 menit.

Air Terjun yang selalu ramai oleh pengunjung ini memiliki dua buah air terjun mini dengan ketinggian 10 meter. Aliran airnya yang jernih membuat para wisatawan gemar berendam hingga berswa foto di sini.

Untuk jam buka sendiri, Aek Sijorni buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Harga tiket masuk bagi anak-anak yaitu sebesar Rp 10 ribu dan orang dewasa sebesar Rp 20 ribu.

Selain air terjun yang unik dan kolam pemandian, pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung seperti area bermain anak, warung makan, loker, masjid, parkir, kamar mandi, serta saung santai.

3. Air Terjun Silima-lima.


Air Terjun Silima-lima adalah salah satu air terjun ikonik yang terdapat di Maju Mambe, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Lokasinya berjarak sekitar 19 km dari Kota Padangsidimpuan dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan empat selama 42 menit.

Air terjun ini terlihat indah karena terletak di antara dua gunung, yaitu Gunung Sibual-buali dan Gunung Lubuk Raya. Pengunjung dapat menyaksikan keindahannya melalui jembatan yang disediakan oleh pengelola.

Meskipun memiliki air yang jernih dan segar, pengunjung tidak diperbolehkan berendam di kawasan air terjun. Hal ini dikarenakan terdapat tebing yang cukup curam dan dikhawatirkan membahayakan pengunjung.

Fasilitas lain yang terdapat di lokasi air terjun yaitu warung makan dan lahan parkir yang cukup luas. Untuk berkunjung ke sini, pengunjung dikenakan harga tiket sebesar Rp 5 ribu per orang dan untuk yang membawa kendaraan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2 ribu.

4. Air Terjun Sitimbulan


Air Terjun Sitimbulan atau Sampuran Sitimbulan berlokasi di Bonan Dolok, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Jika dari Kota Padangsidimpuan, detikers dapat menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua selama 37 menit hingga sampai di Desa Haunatas. Dari desa tersebut, perlu berkendara dengan sepeda motor lagi dengan jarak 100 meter untuk benar-benar sampai di lokasi air terjun.

Kelelahan selama di perjalanan sekejap akan hilang ketika pengunjung menyaksikan keindahan air terjun ini. Daya tarik utamanya yaitu warna air yang berwarna biru dan bersih. Berbeda dengan Air Terjun Silima-lima, pengunjung diperbolehkan untuk berendam dan mandi di air terjun ini.

Air Terjun Sitimbulan buka setiap hari selama 24 jam dan tidak dikenakan biaya masuk. Namun warga setempat mengimbau pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan dan etika selama berada di kawasan air terjun.


5. Air Terjun Simiramira


Air Terjun Simiramira atau warga setempat biasa menyebutnya sebagai Air Terjun Napa berada di Napa, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Lokasinya sangat dekat dengan Kota Padangsidimpuan, yaitu sekitar 7 km. Pengunjung dapat berkendara dengan sepeda motor dan mobil selama 15 menit menuju tempat ini.

Air terjun yang paling dekat dengan kota ini merupakan air terjun mungil yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan hijau. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sawah dan pegunungan dalam perjalanan menuju air terjun.

Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Untuk harga tiket sendiri, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu. Dengan itu, kamu sudah bisa menikmati percikan air terjun sembari berfoto ria.

Demikianlah beberapa rekomendasi destinasi wisata air terjun di Tapanuli Selatan. Jangan lupa masuk ke wishlist tempat liburan kamu ya. (***)

Ikuti Kami di Google News

Komentar

Tampilkan

  • 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Tapsel, Pemandangannya Bikin Sejuk Mata
  • 0

Terkini


TERPOPULER

Iklan ok