Notification

×

Iklan ok


 


Kenalkan Pajak Sejak Dini, DJP Provinsi Aceh, Adakan Pajak Bertutur Serentak

| Agustus 08, 2024 WIB

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Aceh mengadakan kegiatan pengenalan pajak sejak dini kepada siswa sekolah dengan nama “Pajak Bertutur” yang biasa disingkat Patur di SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh, Kamis (8/8/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh 43 siswa-siswi SMA Laboratorium Unsyiah ini dibuka oleh Dr. Rini Safitri M.Si selaku Kepala Sekolah dari SMA Laboratorium Unsyiah dan dilanjutkan kata sambutan dari Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Aceh, Rachmat Riyadi.

Kegiatan Patur merupakan agenda DJP yang diselenggarakan setiap tahun secara serentak di seluruh Indonesia dan tahun ini kegiatan patur diadakan serentak pada tanggal 7 Agustus 2024 dengan mengusung tema "Lampaui Batas, Bangkit Untuk Indonesia Emas"

.Fungsional Penyuluhan Kanwil DJP Aceh, Faisal Azni dan Fandy Muhammad Hattamenyampaikan materi pengenalan dasar tentang APBN, fungsi dan manfaat pajak beserta jenis-jenisnya dan perbedaan mendasar antara pajak pusat dan pajak daerah. 

Selain pemaparan materi, kegiatan ini diselingi dengan quiz dan games interaktif tentang materi yang telah disampaikan untuk para peserta kegiatan. 

Kegiatan Patur tidak hanya dilaksanakan serentak oleh Kanwil DJP di seluruh Indonesia tetapi dilaksanakan juga oleh semua unit kerja yang ada di lingkungan Kanwil DJP seperti Kantor Pelayanan Pajak (KPP) serta Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). 

Semua unit kerja di lingkungan Kanwil DJP Aceh mengadakan kegiatan Patur di berbagai sekolah yang ada di wilayah kerja masing-masing.

KPP Pratama Banda Aceh mengadakan kegiatan Patur di SMPN 2 Banda Aceh, KPP Pratama Aceh Besar di SMPN 1 Darul Imarah, KPP Pratama Bireuen di SMKN 1 Peusangan Bireuen, KPP Pratama Lhokseumawe di SMKN 3 Lhokseumawe.

KPP Pratama Langsa di SMA Unggul Cut Nyak Dien Langsa, KPP Pratama Meulaboh di MAN 1 Meulaboh, KPP Pratama Tapak Tuan di SMKN 1 Tapak Tuan, KPP Pratama Subulussalam bersama KP2KP Aceh Singkil dan KP2KP Kutacane di SMA Negeri 1 Kutacane.

KP2KP Sabang di MAN 01 Sabang, KP2KP Sigli di SMKN 2 Sigli, KP2KP Rimba Raya di SMAN Unggul Binaan Bener Meriah, KP2KP Takengon di SMPN 1 Takengon, KP2KP Lhoksukon di SMK Negeri 1 Lhoksukon, KP2KP Blangkejeren di SMA 1 Blangpegayon, KP2KP Karang Baru di SMAN 1 Rantau, KP2KP Calang di SMAN 1 Calang Aceh Jaya, KP2KP Suka Makmur di SMAN 1 Seunagan Nagan Raya, KP2KP Blangpidie di SMAN 9 Aceh Barat Daya, dan KP2KP Sinabang di SDN 4 Simeulue Timur.

DJP terus berupaya mengenalkan pajak sejak dini kepada para pelajar dan mahasiswa. 

Selain Patur, DJP juga mempunyai agenda kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun dengan nama Tax Goes To School (TGTS) dan Tax Goes To Campus (TGTC).

TGTS dan TGTC diselenggarakan secara nasional oleh setiap Kanwil DJP dan semua unit kerja di lingkungan Kanwil DJP yang ada di Indonesia tetapi tidak diadakan secara serentak, waktu pelaksanaannya diserahkan kepada agenda masing-masing Kanwil DJP dan unit kerjanya. 

Kegiatan TGTS diadakan untuk pengenalan pajak sejak dini kepada siswa sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas, sedangkan TGTC untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi.


Ikuti Kami di Google News

×
Berita Terbaru Update