Notification

×

Iklan ok


 


Starlink masuk ke Indonesia, Revolusi Internet Dari Elon Musk

| Mei 26, 2024 WIB


INVIEW.ID - Starlink merupakan perangkat yang dikembangkan dan diciptakan oleh pendiri perusahaan Space X dan juga Tesla, Elon Musk.

Elon Musk berhasil menciptakan sebuah perangkat yang bisa menyelesaikan masalah internet kita apalagi yang berada di daerah pedalaman.

Baru-baru ini Starlink masuk Indonesia dan kecepatannya diluar nalar, seperti dikutip Inview.id pada video yang di unggah di kanal Youtube Gedgetin pada Minggu (25/5/2024).

“ini alat yang bener-bener spesial, dia bisa ngasih kita koneksi internet dimanapun, asalkan ada alat ini dan ada langit diatas, kita bisa dapat internet dari satelit pemancar yang mengelilingi bumi, status terakhir kurang lebih ada 5000 satelit Starlink yang sedang aktif,” ujar David dalam video tersebut.

Seperti yang sudah diungkapkan, Starlink ini bisa digunakan dimanapun lokasinya, bahkan di lokasi-lokasi yang belum ada provider Internet.

Cukup dengan bermodalkan perangkat dari Starlink dan juga listrik, sekarang siapapun bisa menikmati internet dengan kecepatan yang tinggi.

Hal ini juga sangat luar biasa bagi kita masyarakat Indonesia, karena negara kita berbentuk kepulauan jadi ada beberapa daerah yang memang belum terjangkau oleh Internet.

Dalam video tersebut juga David mengungkapkan untuk pemasangan perangkatnya sendiri tergolong sangat mudah sekali.


Hanya ada 2 perangkat utama yaitu pemancar untuk menangkap sinyal dan juga router, semuanya sudah termasuk dalam pembelian.

Dalam pengujian yang dilakukan David dalam video tersebut juga menunjukan bahwa kecepatan yang diberikan tidak main-main.

Bahkan bisa mencapai 250 Mbps dan kecepatan upload 37 Mbps dengan 19ms latency, kecepatan ini sangat cepat dibandingkan dengan internet satelit yang pernah ada.

“Kenapa Starlink ini bisa beda, karena dia menggunakan sistem orbit rendah, yang jarak satelitnya itu hanya 500 KM dari bumi jadi itu deket banget dibandingkan dengan satelit biasa yang berjarak 36 ribu KM dari bumi,” ujar David.

Jarak satelit yang dekat ini lah yang menyebabkan Starlink bisa memiliki kecepatan yang tinggi.


Sedangkan kecepatan internet satelit sebelumnya itu hanya di kisaran 10-15 Mbps, berbeda jauh sekali dengan Starlink.

Dengan Starlink yang masuk ke Indonesia ini bisa digunakan semua masyarakat yang mungkin hidup di pedalaman dan masih susah mendapatkan internet.[]

Starlink Tersedia di Market Place Tokopedia.



Ikuti Kami di Google News

×
Berita Terbaru Update