Notification

×

Iklan ok


 


Tumbuhan Cengkeh, Rempah Pendongkrak Ekonomi Masyarakat Kota Sabang

| April 16, 2024 WIB


Oleh : Fadhal Al Khalidi 

INVIEW.ID I OPINI - Sabang adalah salah satu kota kepulauan di seberang utara Pulau Sumatra, atau sering disebut dengan Pulau Weh, dan Kota Sabang merupakan Ujung dari Indonesia.

Dengan penduduk sabang pada tahun 2022-2024 menurut data Bps berjumlah Kurang lebih 43.208 jiwa. 

Sabang selain terkenal sebagai kawasan tujuan wisata, Pulau ini juga penghasil Cengkeh terbaik.
Selain cengkeh, ada juga tanaman lada, merica, pinang dan pala yang merupakan pendongkrak ekonomi sektor pertanian di sabang. Cengkeh sudah menjadi produk ekonomi kreaktif,” kata Tgk Akmal Said yang merupakan salah seorang Tokoh Kota sabang, Selasa, 16 April 2024.

Saat Berdialog dengan Pemangku Adat Aceh kota Sabang, Tgk Sulaiman, Beliau mengatakan, sebagian warga Sabang yang berprofesi sebagai petani, banyak memilih cengkeh sebagai tanaman unggulan. Selain itu, rempah ini banyak ditanami pada rumah-rumah masyarakat. saat musim panen, wangi harum cengkeh akan terasa sepanjang jalanan yang terhubung dengan kebun tanaman rempah tersebut. 

Fadhal Al khalidi juga melihat Harga cengkeh di Sabang juga cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup warga yang dikenal dengan nama Pulau Weh ini. Cengkeh yang menjadi komoditas unggulan di Aceh, kini sudah mulai memasuki musim panen hingga April 2024 .

Pada Event PKA-8 di Anjungan Sabang warga sangat terkesan dengan anjungan Sabang yang menghadirkan banyak pameran seperti rempah dan turunannya salah satunya yaitu Cengkeh, Menurut Fadhal, pertunjukan lima tahun sekali ini sangat membantu masyarakat untuk mengenal Aceh khususnya kota sabang sebagai salah satu penghasil Cengkeh Terbaik. 

“Semoga dengan adanya Tanaman cengkeh mampu mendongkrak perekonomian Kota sabang”Tutup Fadhal

Ikuti Kami di Google News

×
Berita Terbaru Update