Notification

×

Iklan ok


 


JariUngu Luncurkan Fitur Saring Caleg Untuk Pemilu 2024

| Januari 30, 2024 WIB

Capture Jariungu.com


Jakarta | JariUngu (JariUngu.com) resmi meluncurkan fitur Saring Caleg pada 25 Januari 2024, sebagaimana rilis yang diterima inview.id pada Selasa, 30 Januari 2024 kamrin. Fitur ini memberikan pemilih alat untuk membuat keputusan yang lebih cerdas dalam memilih calon anggota legislatif (caleg) saat Pemilu tanggal 14 Februari 2024.

Pemilu 2024 bukan hanya untuk memilih presiden dan wakil presiden namun juga untuk memilih caleg untuk empat parlemen: DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kab./Kota. Memilih presiden dan wakil presiden mungkin lebih mudah karena pemilih sudah mengetahui latar belakang masing-masing pasangan calon. Namun berbeda dengan ketika harus memilih caleg. Tidak mudah memilih caleg dalam pemilu 2024 karena banyaknya jumlah caleg, non-transparansi latar belakang caleg dan sedikitnya waktu yang tersedia bagi pemilih dalam bilik pemilu.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diolah Jariungu, pada Pemilu 2024 nanti maka ada 9910 caleg DPR-RI, 668 caleg DPD-RI, 32.874 caleg DPRD Provinsi dan 214.888 caleg DPRD Kab./Kota. Rata-rata, seorang pemilih akan menghadapi 4 lembar pilihan yang masing-masing berisikan 118 nama untuk DPR-RI, 18 nama untuk DPD-RI, 109 nama untuk DPRD Provinsi dan 92 nama untuk DPRD Kab./Kota. Ada 337 nama untuk dipilih. Bukan hal mudah. Selain itu, tidak semua caleg mempublikasikan latar belakang secara lengkap di situs KPU. Empat nama caleg itu harus dipilih dalam waktu terbatas, mungkin 2 menit di bilik pemilu. Bukan hal yang mudah bagi pemilih.

Untuk memudahkan pemilih, dengan menggunakan data yang tersedia untuk publik di situs KPU, JariUngu membantu menyediakan daftar nama, foto dan sebagian latar belakang caleg dan fitur Saring Caleg.

Saring Caleg membantu masyarakat pemilih untuk dapat memilih caleg yang:
  1. Bersedia membuka latar belakang: Pemilih dapat melihat caleg yang bersedia mempublikasikan latar belakangnya, memberikan pemilih wawasan lebih dalam tentang pengalaman dan kredibilitas caleg,
  2. Partai pendukung capres: Pemilih dapat menyaring caleg yang partainya mendukung CapresCawapres tertentu, 
  3. Anggota parlemen periode 2019-2024: Ketahui apakah caleg tersebut merupakan anggota parlemen (DPR/DPD/DPRD) periode 2019-2024, memberikan informasi tentang caleg yang berpengalaman atau caleg yang masih segar,
  4. Jender: Saring caleg berdasarkan jenis kelamin, memudahkan pemilih untuk memilih sesuai dengan preferensi pribadi,
  5. Umur: Saring caleg berdasarkan umur, bila pemiih yakin ada korelasi umur dengan kematangan berpolitik,
  6. Minimal tingkat pendidikan: memudahkan memilih caleg dengan minimal tingkat pendidikan tertentu bila pemilih yakin ada korelasi tingkat pendidikan dengan kemampuan memahami isu politik.

Teuku Radja Sjahnan, pendiri JariUngu mengatakan bahwa “Pemilu Legislatif 2024 adalah pemilu ke-3 di mana JariUngu.com mempertahankan komitmennya untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar terbentuknya parlemen pusat dan daerah dengan anggota parlemen terpilih yang mampu dan mumpuni melakukan fungsi check and balance sebagai mitra pemerintah."

Tentang JariUngu
JariUngu.com dibangun tahun 2009 oleh sekumpulan aktivis semuanya bukan politisi, bukan pengamat politik, bukan anggota atau pihak terafiliasi partai tertentu, sebagai rakyat biasa yang setelah Pemilu Legislatif 2009, membutuhkan media komunikasi dengan para anggota parlemen yang sudah terpilih.

Situs ini kemudian disadari mungkin bermanfaat pula bagi anggota masyarakat lain yang ingin berkomunikasi dengan anggota parlemennya.JariUngu kemudian telah membantu mempublikasikan
data anggota parlemen terpilih Pemilu 2009, caleg dalam Pemilu 2014, 2019 (dan juga 2024) agar secara lebih mudah dapat diketahui masyarakat.

Setelah Pemilu Legislatif 2014 dan 2019, JariUngu mempublikasikan profil dan berita anggota DPR/DPD/DPRD yang terpilih, untuk diketahui konstituennya. JariUngu percaya masa depan bangsa kita antara lain ditentukan oleh siapa yang berperan di parlemen.

JariUngu.com dibangun oleh Teuku Radja Sjahnan dan Lativa dan dikelola oleh PT Dua Radja Net (DRN), suatu socio-enterpreneur, yang melihat bahwa kegiatan komersial dan sosial dapat dan harus berjalan bersama. DRN melaksanakan kegiatan komersial dalam bidang konsultasi IT, IT Audit, GCG, dan langganan akses ke database aplikasi peraturan perundangan pemerintah pusat dan daerah.

Pembiayaan JariUngu.com juga berasal dari sumbangan teman, keluarga, handai taulan, dan donasi dari para pemangku kepentingan lain.





Ikuti Kami di Google News

×
Berita Terbaru Update