Notification

×

Iklan ok


 


Warga Lok Baintan Banjarmasin Panik Dikepung Debu Asap Karhutla

| Oktober 05, 2023 WIB

Asap debu Karhutla di Lok Baitan (Capture: @arifgilang_)


INVIEW.ID | BANJARMASIN - Kondisi udara di Kota Banjarmasin terasa makin mengkhawatirkan. Dalam sebuah rekaman video yang diambil pengguna X (sebelumnya Twitter) @arifgilang_ di Lok Baintan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, langit nampak berwarna oranye imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada Kamis, (5/10/2023).


Video tersebut memperlihatkan warga sekitar yang terlihat panik dan berusaha untuk mengevakuasi diri mereka dari wilayah yang terancam oleh kebakaran hutan dan lahan yang telah meluas. Karhutla, yang seringkali dipicu oleh aktivitas pembakaran hutan ilegal, kian menjadi ancaman serius bagi kesehatan dan keamanan penduduk Banjarmasin.


Sementara itu, Kepala BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin menyampaikan, saat ini ada kecamatan yang paling terdampak kabut asap, yaitu Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin Selatan, dan Banjarmasin Timur.


"Kawasan ini memang yang berbatasan dengan daerah tetangga dengan sumber titik api kebakaran paling terdampak. Nah kami mengambil langkah awal dengan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tidak perlu sekali," ujarnya.

 Pemerintah Kota Banjarmasin telah melakukan rapat koordinasi dengan unsur Forkopimda dan telah menetapkan status siaga darurat hingga akhir Oktober 2023. Sejak 1 Agustus 2023, Wali Kota Banjarmasin telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang status siaga penanggulangan bencana kebakaran hutan dan/atau lahan serta kekeringan di Kota Banjarmasin sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan bencana yang lebih efektif. [](Amri/Inview.id)

×
Berita Terbaru Update