Notification

×

Iklan ok


 


Tradisi Peusijuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam rangakaian Peusaka VII di Takengon

| Oktober 16, 2023 WIB


INVIEW.ID I LHOKSEUMAWE - Himapunan mahasiswa Ilmu Komunikasi, mengadakan acara PEUSAKA jilid VII bagi mahasiswa angkatan 2023 di Villa Rindu Alam, Pegasing, Takengon, pada tanggal 14-15 Oktober 2023. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan tema 'Membangun Persaudaraan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Melalui Pengenalan Local Wisdom' dan bertujuan untuk menyambut serta meresmikan mahasiswa baru Ilmu Komunikasi angkatan 2023 dengan Tradisi Peusijuk.


Kamaruddin, Dosen sekaligus Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik melakukan prosesi Peusijuk  mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh.


Sebelum prosesi peusijuk Kamaruddin menjelaskan tentang makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam prosesi tradisi  peusijuk. Menurutnya  beberapa nilai yang terkandung dalam tradisi Peusijeuk antara lain nilai religi, kebersamaan, toleransi,  nilai Kerjasama, nilai social, budaya. 


Dalam masyarakat Aceh, tradisi peusijuek dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan kebahagiaan yang telah diberikan kepada mereka. Selain itu, tradisi peusijuek juga sekaligus menjadi permohonan serta harapan agar selalu memperoleh keselamatan, keberkahan dan kesejahteraan.


Menurut Muhammad Yanis selaku Ketua Umum HIMAKO Kabinet Laksana, adanya penyampaian materi guna membekali ilmu kepada mahasiswa baru. 


"Esensi dilaksanakannya Peusapat ini untuk meresmikan  kalian  menjadi mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Malikussaleh." ujar Yanis.


Selain Peusijuk, kegiatan pada Peusaka 2023 juga diisi dengan penyampaian materi mengenai pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS) oleh Aulia Ghaza M., materi solidaritas dalam berorganisasi yang diisi oleh Syauqi Alfaizi dan terakhir materi kepemimpinan yang disampaikan oleh Zul Fadli Rambe. 


Sementara itu Fachrul selaku  ketua panitia berharap agar mahasiswa baru dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan semangat dan tidak lupa untuk menjaga kesehatan hingga selesai.{**}

×
Berita Terbaru Update