Notification

×

Iklan ok


 


Proyek Jalan Tol Lhokseumawe - Sigli Dipastikan Distop Oleh Pemerintah

| Oktober 08, 2023 WIB


INVIEW.ID I LHOKSEUMAWE - Pupus sudah harapan warga Aceh khususnya dari Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, hingga Langsa untuk mencicipi pembangunan infrastruktur jalan Tol.

Proyek Jalan Tol Lhokseumawe-Sigli dan Tol Langsa-Lhoksumauwe yang semula masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) dan digadang-gadang mempermudah akses masyarakat dan menumbuhkan ekonomi kerakyatan, dipastikan batal terealisasi.


Ya, pemerintah telah resmi menghentikan proyek Jalan Tol Lhokseumawe-Sigli dan Tol Langsa-Lhoksumauwe. Karena Proyek tersebut telah resmi dikeluarkan dari daftar PSN.


Bukan cuma itu, proyek Jalan Tol jalan Tol Kisaran-Rantauprapat dan Tol Rantauprapat-Sigambal-Dumai juga dipastikan batal.



Dikutip dari Kompas.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ada sejumlah proyek pembangunan jalan tol yang dihentikan dalam proyek strategis nasional (PSN).


Hal tersebut disampaikan Airlangga usai mengikuti rapat soal PSN yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/10/2023).


"Ada beberapa proyek yang dihentikan karena memang belum mulai dan belum ada dikeluarkan APBN. Antara lain, pelabuhan New Ambon, kemudian terkait kawasan industri di Tanggamus.


Kemudian beberapa kawasan proyek PU, antara lain Air Baku di Provinsi Bali, Tol Rantau Prapat Kisaran, Langsa-Lhoksumauwe, Lhokseumawe-Sigli," ujar Airlangga.


Di sisi lain, saat ini pemerintah sudah menyelesaikan 170 PSN dengan nilai investasi Rp 1.299,41 triliun.


Meski demikian, ada pula PSN yang belum bisa diresmikan hingga dihentikan pembangunannya.


"Jadi tadi dilaporkan ke Bapak Presiden bahwa sampai dengan 4 Oktober ini telah diselesaikan 170 proyek PSN dengan nilai investasi sebesar Rp1.299,41 triliun dan 61 proyek dalam tahap konstruksi," ujar Airlangga.


Sementara itu, di tahun 2024 akan ada 25 PSN dengan nilai Rp 151,58 triliun yang akan selesai sampai dengan 20 Oktober 2024.


Kemudian, antara 20 Oktober sampai Desember 2024 ada 12 proyek strategis nasional dengan nilai mencapai Rp23,45 triliun.{**}

×
Berita Terbaru Update