Notification

×

Iklan ok


 


Korwil 1 IMABKIN Menolak Keras Mengenai Guru BK di Sekolah Diambil Dari Babinsa

| Oktober 11, 2023 WIB


INVIEW.ID I BANDA ACEH - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf mengusulkan pelibatan babinsa untuk memberikan disiplin edukatif di sekolah-sekolah. Dia bahkan mendorong agar guru bimbingan konseling (BK) di sekolah diambil dari Babinsa.


"Guru BP itu harusnya diambil dari penegak hukum bisa Bhabinkamtibmas atau Babinsa. Tapi itu harus disepakati bersama, sehingga penegakan disiplin di lingkungan sekolah dilakukan sesuai dengan tupoksinya," Yang di Publikasikan di detikNews Pada Selasa (3/10/2023)


Dalam hal ni Koordinator Wilayah 1 Ikatan Mahasiswa Bimbingan Konseling Indonesia Aceh Nuzulul Azmi menolak keras atas usulan dari Dedek Yusuf Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang ingin menggantikan Guru BK dengan Babinsa. 


Ulusan yang di sampaikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, Nuzul Azmi tidak menyepakati atas usulan yang dikatakan oleh bapak Dede Yusuf mengingat tidak seharusnya Aparat Penegak Hukum seperti Babinsa dan Polisi ikut terlibat dalam tugas dan tanggung jawab Guru BK. ini akan menghilangkan peran yang seharusnya dilakukan oleh guru BK disekolah. "kata Nuzul Kepada Wartawan, Kamis (12/10/2023)


Nuzul Mengukapkan bahwa Guru Bimbingan Konseling sejatinya memiliki kedudukan penting disekolah, bagaimana guru BK bisa dapat menjadi sahabat bagi para siswa, dengan tidak mengurangi kedudukannya sebagai seorang guru, bagaimana seorang guru BK yang harus mampu menghadapi Gen-Z dan dapat menegakkan kedisiplinan serta aturan dengan tidak melakukan sanksi fisik terhadap siswa, karena sanksi fisik bisa berdampak buruk bagi para siswa. 


Saya melihat bahwa guru BK sebagai tenaga kependidikan yang seharusnya menjalankan tugas dengan nilai-nilai ke BK an bukan malah sebaliknya tidak menjalankannya karena dengan alasan tertentu, dan jika ada yang harus diubah itu bukan menggantikan Guru BK dengan Babinsa ataupun Polisi akan tetapi bagaimana kita menwujudkan dari setiap guru BK dapat menjalankan perannya dengan baik, "ucap Nuzul. 


Harapan saya agar usulan yang di sampaikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini tidak disahkan pihak berwajib. di sisi lain nuzul mengajak kepada seluruh guru terkhususnya guru BK agar dapat menjalankan tugas dengan mengedepankan nilai-nilai profesionalitas dalam bekerja.{Rizki M}

×
Berita Terbaru Update