Notification

×

Iklan ok


 


Fakultas Pertanian USK Melaksanakan Uji Kompetensi Mahasiswa Bersama LSP Agribisnis Ambissi

| Oktober 06, 2023 WIB

INVIEW.ID I BANDA ACEH - Fakultas Pertanian USK melaksanakan uji kompetensi 100 orang mahasiswa, Kegiatan ini dilaksanakan dengan 4 skema untuk 5 Program Studi bersama LSP Agribisnis Ambissi di FP USK. Bertindak sebagai assessor pada uji kompetensi adalah Bapak Imam Tjiptadi, Hermantyo, Sunarbowo dan Candra Kirana, Jum'at (6/10/2023)


Adapun skema uji kompetensi yang dilaksanakan adalah Skema Pelaksana Budidaya Tanaman Hidroponik untuk Mahasiswa Prodi Agribisnis, Pelaksana Proses Pupuk Organik Tanaman untuk mahasiswa Prodi Agroteknologi dan Ilmu Tanah, Pengamat Pengendalian OPT untuk mahasiswa Prodi Proteksi Tanaman serta Pelaksana Skema Pencampur Pakan untuk mahasiswa Prodi Peternakan. 


Sebelumnya, pada Tanggal 30 September sampai dengan 1 Oktober 2023, mahasiswa yang mengikuti uji kompetensi terlebih dahulu mendapatkan pembekalan terkait skemanya masing-masing dengan dosen-dosen dari Fakultas Pertanian yang telah ditunjuk menjadi narasumber untuk setiap skema. Untuk pembekalan dan uji kompetensi, setiap program studi mengirimkan masing-masing 20 orang mahasiswa. 


Mahasiswa dibekali pengetahuan secara teoritis maupun maupun praktis untuk setiap skema yang akan diuji. Masing-masing skema terdiri dari berbagai unit kompetensi yang berbeda. 


Untuk Skema Pelaksana Budidaya Tanaman Hidroponik mahasiswa harus mampu memahami semua unit kompetensi seperti mengenal tanaman, organisme pengganggu tanaman, menerapkan K3, menanam dan memelihara tanaman, menyapih bibit, pengendalian hama dan penyakit hingga memelihara, memonitor dan memasang sistem hidroponik dengan narasumber yaitu Dr. Ir. Purwana Satriyo, S.TP, MT, IPM dan Mujiburrahmad, SP, M.Si. 


Skema Pelaksana Proses Pupuk Organik juga memiliki unit kompetensi yang berbeda seperti menerapkan keselamatan kerja dan kesehatan kerja di lingkungan kerja, memproses pupuk organik dan mengelola kesuburan tanah dengan narasumber Dr. Ir. Hifnalisa, M.Si, Dr. Ir. Yadi Jufri, MP, Halimursyadah, SP, M.Si dan Nasrullah, SP, M.Si. 


Kemudian skema pengamat pengendalian OPT dengan unit kompetensi berupa melaksanakan pengamatan keliling, pengamatan tetap, pengendalian OPT, identifikasi cendawan dan serangga dengan narasumber Dr, Muhammad Sayuthi, SP, MP dan Dr. Ir. Susanna, M.Si. 


Yang terakhir untuk skema pencampur pakan dengan narasumber Zulfikar, S.Pt dan Dr. Allaily, S.Pt, M.Si, mahasiswa harus menguasai unit kompetensi terkait K3, biosekuriti, mencampur bahan pakan unggas, menghitung jumlah kebutuhan pakan dan menyimpan bahan pakan dan pakan. 


Hasil Uji Kompetensi untuk 100 mahasiswa Fakultas Pertanian mendapatkan hasil 100% Kompeten untuk ke 4 skema yang di ikuti. 


Fakultas Pertanian telah melakukan perjanjian kerjasama (MoA) dengan LSP Agribisnis Ambissi pada Tahun 2020. Sehingga, pada kesempatan ini, semua program studi yang terlibat dalam uji kompetensi, juga melakukan perjanjian kerjasama (IA) dengan LSP Agribisnis Ambissi.{Zul/Red}

×
Berita Terbaru Update