Notification

×

Iklan ok


 


Siswa SMA Dewan Da'wah Isi Weekend Dengan Seminar Wirausaha

| Agustus 12, 2023 WIB

Foto ist


INVIEW.ID | Bekasi - Keluarga Pelajar SMA Dewan Da'wah mengadakan Short Course berupa Seminar Kewirausahaan dengan tema "Strategi Belajar Bisnis Online", pada Sabtu (12/8/23). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMA Dewan Da'wah dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha serta memberikan wawasan tentang cara berwirausaha melalui online. 


Short Course ini diisi oleh Bapak Tino Prima Nur Iwan, S.Sos, yang biasa disapa Kang Tino. Beliau merupakan salah satu praktisi pengusaha online. 


Pada awal materi kang Tino menanamkan prinsip berdagang secara Islami dengan berkaca kepada kisah salah satu sahabat Rasulullah yang bernama Abdurrahman bin Auf. Serta menyampaikan bahwa ketaqwaan sangat penting dimiliki oleh seorang pengusaha. 


“Seseorang akan dijamin rezekinya ketika semakin dekat kepada Allah,” jelas Kang Tino dengan mengutip ayat dari Al-Qur’an dan hadist.


Nilai - nilai dasar Islam merupakan hal mendasar yang perlu ditanamkan sejak awal bagi seorang yang ingin berwirausaha. Setidaknya ada empat yang di sampaikan Kang Tino yaitu; 


Pertama, "Niat utama bukan mengambil banyak keuntungan atau diawal tidak mengejar kepada untung atau ruginya". Kedua, "Proses transaksi baiknya dilakukan secara langsung/tunai dan tidak kredit". Ketiga, "Mengutamakan kejujuran". Keempat, "Berdagang untuk meraih keberkahan".


Pada sesi berikutnya dilanjutkan dengan praktek langsung yang mudah dilakukan anak-anak yaitu membuat WhatsApp Bisnis. Siswa mengikutinya dengan penuh antusias karena ini merupakan hal yang baru untuk mereka. 


Tak lupa kang Tino juga memberikan tips-tips dalam berdagang baik secara online maupun offline berdasarkan pengalamannya. Seperti berdagang sesuai minatnya. 


“Berjualan lah sesuai yang disenangi seperti yang disampaikan bapak gubernur Jawa Barat yaitu salah satu pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang kita kerjakan".


Maka penting anak-anak diminta untuk memilih awal produk yang ingin dijual dengan apa yang dia senangi. 


 “Kegiatan ini sangat bagus untuk kami, karena sangat penting mempelajari dunia digital dalam berdagang. Menyoroti strategi digital marketing dalam menjual produk, terutama di era konektivitas digital semakin mendominasi dalam interaksi pelaku bisnis dan konsumen", ujar salah satu peserta yang tidak mau disebutkan namanya.


Harapannya kegiatan ini dapat melahirkan pengusaha-pengusaha muda muslim yang lahir dari SMA Dewan Da’wah dan mampu bersaing di era revolusi industry 4.0.  Serta bisa menjawab kebutuhan dunia pendidikan pada kurikulum merdeka.[](Anjar/inview.id)

×
Berita Terbaru Update