Notification

×

Iklan ok


 


Segini Harta dan Gurita Bisnis Surya Paloh Ketum Nasdem, Dukung Anies Jadi Presiden

| Agustus 24, 2023 WIB


Foto: Anies Baswedan bertemu dengan Surya Paloh. (Eva/detikcom)


INVIEW.ID I JAKARTA - Indonesia - Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang dikepalai Surya Paloh menyatakan tetap konsisten mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.


Surya mengatakan bahwa fokus Nasdem saat ini, bukan lagi menambah partai koalisi, melainkan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Anies Baswedan yang ia sokong bersama dengan PKS dan Demokrat. 


Lanjutnya, tiga partai yang akan mendukung Anies yang masuk ke dalam Koalisi Perubahan masih solid. Surya tak menutup pintu bagi partai lain untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan dan mendukung Anies sebagai capres 2024, Ujarnya.


Seperti diketahui, Surya merupakan Ketua Umum Partai Nasdem. Sebelum mendirikan Partai Nasdem pada tahun 2011, Surya bernaung di bawah Partai Golkar.


Ia sebelumnya juga merupakan seorang pengusaha yang bergerak di berbagai bidang. Harta kekayaan Surya pada tahun 2018 mencapai Rp 8,74 triliun. Ini menempatkan bos Media Group tersebut sebagai orang terkaya ke-77 dari 150 orang di Indonesia versi Globe Asia.


Surya Paloh memiliki perusahaan media diantaranya, Metro TV dan Media IndonesiaJauh sebelum menjadi bos media kakap, pria dengan nama panjang Surya Dharma Paloh sudah sejak lama berkiprah dalam dunia bisnis.


Ia merupakan anak dari pasangan Daud Paloh dan Nursiah Paloh. Dia lahir di Banda Aceh 16 Juli 1951 namun besar di Sumatra Utara. Di Medan dia berkembang menjadi seorang pengusaha.


Bisnis medianya semakin berkembang. Tak hanya media cetak, Surya Paloh juga memiliki media televisi Metro Tv dan berbagai media online.


Lewat grup medianya, ia juga berkecimpung di industri makanan dan katering. Ia mendirikan PT Indocater pada tahun 1978.


Grup bisnisnya juga merambah juga ke industri perhotelan. Yakni, melalui anak perusahaannya Media Group Hospitality, Surya memiliki sejumlah hotel di Indonesia.


Antara lain, InterContinental Bali Resort, The Papandayan dan The Media Hotel, and Tower.


Surya juga menjajaki sektor pertambangan. Antara lain di PT Emas Mineral Murni, di PT Pusaka Marmer Indahraya (PUMARIN) melalui PT Surya Energy Raya. Selain itu, Media Group juga bekerja sama dengan PT China Sonangol Media Investment (CSMI) sejak 2009.(Red)


×
Berita Terbaru Update