Notification

×

Iklan ok


 


Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Banda Aceh Butuh Mesin Braille

| Juli 06, 2023 WIB


BANDA ACEH, INVIEW.ID - Mesin braille salah satu fasilitan yang dibutuhkan para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB), terutama bagi tuna netra. Namun karena harganya sangat mahal, kemungkinan tidak semua SLB di Aceh memiliki mesin tersebut.


"Kalau kami ingin mencetak buku-buku dari huruf braille, biasa kami akan menghubungi teman-teman dari Jakarta atau di Bandung," kata salah seorang guru SLB di Banda Aceh, Selasa, 04 Juli 2023.


Guru tersebut berharap suatu saat sekolah tersebut bisa mendapatkan pengadaan mesin brail, meski mungkin kondisinya akan sedikit sulit. 


Di sisi lain, ia mengaku fasilitas lainnya yang sudah mereka terima seperti buku dan beberapa majalah. Kemudian pihaknya juga sempat mendapat bantuan buku pelajaran IPA maupun IPS.


"Mungkin memang jumlahnya masih sedikit dan belum memenuhi untuk semua jenjang, tapi buku-buku tersebut sudah ada di sekolah," terangnya.


Namun demikian, guru tersebut juga berharap suatu saat pihaknya menerima bantuan buku brail bagi siswa semua jenjang, dan sebagai guru yang mengajar di sekolah ini dan tidak kesulitan ketika menyampaikan pembelajaran.


Selain buku, kata guru itu, pihak sekolah SLB juga memperoleh komputer bicara dari Universitas Syiah Kuala (USK) supaya siswa tuna netra bisa belajar menggunakan komputer braille.


Selain itu, lanjutnya, bantuan lainnya yang diberikan dari dinas terkait seperti bantuan pembangunan sekolah, walaupun belum semua terselesaikan tetap sudah mulai terlaksana step by step, seperti bangunan perpustakaan, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), ruang keterampilan dan kekhususan.


"Untuk kebutuhan sarana dan prasarana sudah memenuhi juga," tegasnya.


Selain itu, untuk bantuan dari dinas penerimaannya tidak menentu bisa jadi dalam setahun diperoleh satu kali dalam setahun atau dua kali, tergantung dari pusat dan pengirimannya. "Biasanya dikirim bertahap, tidak sekaligus,"tutupnya.

(Said Yan Rizal)

×
Berita Terbaru Update