Notification

×

Iklan ok


 


Jokowi Kunjungi Rumoh Geudong di Tengah Protes Penghancuran Situs Sejarah HAM.

| Juni 29, 2023 WIB
Jokowi saat mengunjungi rumoh Geudong 


Pidie - Inview.id | Presiden Joko Widodo alias Jokowi meluncurkan Program Pelaksanaan Rekomendasi Non Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia atau HAM Berat di Indonesia. Peluncuran itu dilaksanakan di Rumoh Geudong, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Selasa 27 juni 2023. 


Peluncuran dihadiri secara langsung maupun virtual oleh para korban pelanggaran HAM berat masa lalu. Menurut Presiden Jokowi, penyelesaian secara non-yudisial itu bertujuan memulihkan luka bangsa akibat pelanggaran HAM. Selain itu, untuk memberikan atensi kepada para korban dan keluarga korban. 


Saat mengunjungi Rumoh Geudong Jokowi sempat melemparkan kaos dan bagi-bagi sembako kepada masyarakat yang menyambutnya di Pidie. 


Sebelumnya Pejabat Bupati Pidie meratakan sisa bangunan Rumoh Geudong, untuk dibangunkan masjid. Menurutnya perobohan bangunan Rumoh Geudong agar tidak menyisakan dendam. 


Hal ini mendapatkan berbagai penolakan dari berbagai pihak, misalnya dari Muda Seudang yang mengatakan pemerintah Jokowi Mewarisi Luka Lama, Menambah Luka Baru. Sementara KontraS Aceh menduga adanya upaya menghilangkan bukti sejarah berupa tugu memorialisasi di Rumoh Geudong, sehingga memunculkan keresahan di tengah masyarakat sekitar. 


Hal yang sama juga diungkapkan oleh Jaringan Aneuk Syuhada Aceh (JASA) melalui Jubir, Abrar menduga pengrusakan pondasi rumoh geudong adalah bagian dari upaya negara ingin mengelabui korban dan menutupi kejahatan perang yang dilakukan.[]

@inview.id Jokowi Kunjungi Rumoh Geudong di Tengah Protes Penghancuran Situs Sejarah HAM Berat di Aceh #ham #hamaceh #rumohgeudong #aceh #pidie #hamberat #hamberataceh ♬ Idul Adha - Metrow Ar
×
Berita Terbaru Update